Selasa, 10 Juni 2014

Menulis Dengan LaTeX


LaTeX merupakan suatu bahasa markup atau sistem penyiapan dokumen untuk software TeX. TeX digunakan untuk membuat typesetting suatu dokumen atau untuk menulis formula matematika. Kualitas tipografi yang baik membuat LaTeX banyak digunakan oleh para matematikawan, ilmuwan, insinyur, akademisi dan profesional lainnya. LaTeX menjadikan penulis fokus terhadap apa yang ditulis, bukan terhadap tampilan presentasi sehingga tidak terjadi kerancuan dalam pebulisan. Karena itulah para akademisi dianjurkan untuk menggunakan LaTeX ketika menulis publikasi ilmiah.
Beberapa keuntungan menggunakan LaTeX diantaranya:
  1. Memiliki format dokumen yang terstruktur sehingga terlihat sangat profesional dan sempurna.
  2. Memudahkan penulisan formula matematika.
  3. Daftar gambar, daftar tabel, maupun daftar pustaka dapat dibuat secara otomatis oleh program.
  4. Memaksa pengguna membuat dokumen yang terstruktur sehingga tidak terjadi kerancuan dalam penulisan.
  5. Merupakan perangkat lunak open source dan didistribusikan sesuai dengan ketentuan LaTeX Project Public License (LPPL), yang artinya LaTeX tersedia gratis untuk siapapun.
Kerugian menggunakan LaTeX:
  1. Sangat sulit untuk menulis dokumen yang tidak terstruktur.
  2. Perlu kecerdasan pengguna dalam melakukan penulisan.
Untuk menuliskan LaTeX, pengguna bisa menggunakan TeX editor seperti Kile, Texmaker dan Texworks. Output yang dihasilkan dari LaTex berupa DVI file yang biasanya dikonversi menjadi file PostScript. Selain itu outputnya dapat pula dijadikan file PDF. Apabila tertarik untuk mempelajari LaTeX, silakan kunjungi situsnya di latex-project.org. Berikut ini adalah Template skripsi LaTeX yang dapat anda unduh secara gratis disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar