Rabu, 11 Juni 2014

Berwisata Keliling Jogja dengan Trans Jogja


Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pariwisata dengan banyak destinasi wisata di dalam maupun di sekitar kota. Terdapat banyak alternatif angkutan umum untuk mengunjungi obyek-obyek wisata di Jogja, salah satunya adalah trans Jogja. Menggunakan trans Jogja untuk berwisata berkeliling Jogja sangatlah mudah, karena jalur-jalur yang jelas dan pelayanan yang ramah dari para petugas sehingga wisatawan tidak perlu khawatir tersesat. Selain murah, trans Jogja merupakan moda transportasi yang aman dan nyaman serta melewati beberapa obyek pariwisata yang menarik di kota Jogja. Beberapa destinasi menarik yang dilewati oleh jalur trans Jogja diantaranya Monumen Jogja kembali, kebun binatang Gembiraloka, candi Prambanan dan obyek wisata di sekitar Malioboro seperti jalan Malioboro, benteng Vredeburg,Taman Pintar maupun kraton kesultanan Yogyakarta.

Monumen Jogja Kembali atau Monjali adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Museum monumen yang berbentuk kerucut ini terdiri dari 3 lantai yang dilengkapi dengan ruang perpustakaan dan ruang serbaguna. Di sekitar monumen terdapat berbagai fasilitas permainan anak-anak dan taman lampion yang sangat cantik ketika malam hari. Untuk menuju ke Monjali ini, wisatawan dapat menggunakan bus trans Jogja jalur 2A atau 2B dan langsung turun di depan kompleks monumen.

Selanjutnya wisatawan bisa mengunjungi candi Prambanan yang terletak di perbatasan Jogja dan Klaten. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Kompleks candi Prambanan identik dengan legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Konon candi ini dibuat hanya dalam waktu satu malam oleh Bandung Bondowoso atas permintaan Roro Jonggrang sebagai persyaratan apabila ingin meminangnya. Namun Roro Jonggrang bersiasat agar Bandung Bondowoso gagal sehingga Roro Jonggrang dikutuk menjadi patung untuk melengkapi bangunan candi. Terlepas dari legenda tersebut, candi Prambanan merupakan candi yang harus dikunjungi ketika berkunjung ke Yogyakarta. Jalur trans Jogja yang menuju candi Prambanan adalah jalur 1A dan 1B kemudian berjalan kaki atau naik becak dari pemberhentian terakhir.

Selain itu, obyek wisata yang wajib dikunjungi ketika berwisata ke Jogja adalah kebun binatang Gembiraloka. Kebun binatang yang terletak di Kota Gede ini memiliki berbagai macam satwa asli Indonesia maupun dari belahan dunia. Selain terdapat satwa yang beragam, Gembiraloka juga memiliki banyak fasilitas lain, seperti sepeda air, kolam tangkap, perahu engkol, kereta mini, taman burung, taman reptil dan lain sebagainya. Ada juga wahana menaiki gajah dan unta serta memberi makan satwa. Untuk menuju ke sana dengan trans Jogja, wisatawan dapat menaiki trans Jogja jalur 1A ,1B, 2A dan 2B.

Destinasi terakhir yang terkenal yang bisa dikunjungi dengan trans Jogja yaitu jalan Malioboro, jalan yang paling terkenal di Jogja sebagai pusat belanja dan oleh-oleh. Selain berbelanja, wisatawan dapat mengunjungi beberapa tempat menarik di sekitar Malioboro, seperti benteng Vredeburg yang merupakan benteng peninggalan masa kolonial yang telah beralih fungsi menjadi museum, titik nol kilometer dengan monumen serangan umum 1 Maret dan pesona bangunan tua di sekitarnya, dan Taman pintar yang merupakan wisata pendidikan. Selain itu, di sebelah utara jalan Malioboro adalah Kraton Yogyakarta, tempat kediaman Sultan Hamengkubuwono X. Untuk menuju jalan Malioboro dan sekitarnya, wisatawan bisa menempuh perjalanan dengan trans Jogja jalur 1A, 2A dan 3A. Tentunya masih banyak obyek wisata lain yang bisa dikunjungi dengan menggunakan bus trans Jogja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar