Sabtu, 07 Juni 2014

10 Universitas Terbaik di Indonesia

Setelah dinyatakan lulus dari SMA pelajar diharapkan meneruskan ke jenjang perguruan tinggi. Namun, beberapa pelajar mungkin kebingungan kemana akan melanjutkan pendidikannya. Berikut ini adalah daftar 10 universitas terbaik versi webometrics yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk para pelajar.
  1. Universitas Gajah Mada (UGM) / Ranking dunia 598


    UGM merupakan universitas pertama yang didirikan pemerintah RI pasca kemerdekaan, yaitu pada tahun 1949. Terletak di Yogyakarta yang merupakan kota pelajar di Indonesia menjadikan UGM merupakan tempat yang sangat nyaman untuk menuntut ilmu.
    Situs web: ugm.ac.id
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB) / Ranking dunia 636

    Institut Teknologi Bandung atau disingkat ITB terletak di kota Bandung didirikan pada tahun 1959. Tahun lalu ITB menduduki peringkat pertama di Indonesia atau 600 di dunia.
    Situs web: itb.ac.id
  3. Universitas Indonesia (UI) / Ranking dunia 696

    Kampus yang terletak di Depok, Jakarta Barat dan Jakarta Pusat ini merupakan salah satu dari 3 kampus bergengsi di Indonesia bersama UGM dan ITB. Namun, peringkat UI semakin merosot dari 653 pada tahun sebelumnya menjadi 696 pada tahun 2014 ini.
    Situs web: ui.ac.id
  4. Universitas Airlangga (UNAIR) / Ranking dunia 1013

    Unair terletak di kota Surabay dan didirikan tepat pada hari pahlawan, yaitu tanggal 10 November 1954. Pada tahun lalu, Unair menduduki peringkat 1404 di dunia.
    Situs web: unair.ac.id
  5. Universitas Padjajaran (UNPAD) / Ranking dunia 1036

    Perguruan tinggi ini diresmikan pada tahun 1957 oleh presiden Soekarno. Kampus utamanya terletak di dipati ukur Bandung dan Sumedang Jawa Barat. Selain itu Unpad juga memiliki beberapa kampus yang tersebar di kota Bandung.
    Situs web: unpad.ac.id
  6. Universitas Brawijaya (UB) / Ranking dunia 1052

    UB atau Unibraw terletak di kota Malang Jawa Timur. Walaupun peringkat secara nasional tetap sama, namun peringkat dunia mengalami kenaikan yang signifikan dari 1254 pada tahun 2013 menjadi 1052 pada tahun ini.
    Situs web: ub.ac.id
  7. Universitas Diponegoro (UNDIP) / Ranking dunia 1088

    Undip terletak di kota Semarang Jawa Tengah. Dibandingkan tahun lalu, peringkat dunia Undip naik tajam dari 1455 menjadi 1088.
    Situs web: undip.ac.id
  8. Institut Pertanian Bogor (IPB) / Ranking dunia 1156

    Terletakdi kota Bogor, IPB merupakan perguruan tinggi pertanian negeri. Akreditasi dari BAN-PT, IPB mendapatkan peringkat A dengan nilai 375.
    Situs web: ipb.ac.id
  9. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) / Ranking dunia 1228

    ITS merupakan salah satu institut unggulan di bidang sains dan teknologi dengan bidang andalannya teknologi perkapalan dan robotika.
    Situs web: its.ac.id
  10. Universitas Gunadarma (UG) / Ranking dunia 1302

    Universitas Gunadarma merupakan satu-satunya universitas swasta di daftar ini. Terletak di Depok Jawa Barat, Universitas Gunadarma mengalami penurunan peringkat dibandingkan tahun lalu yang menduduki peringkat ke 5 di Indonesia atau peringkat 1165 di dunia.
    Situs Web: gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar