Sabtu, 14 Juni 2014

Meneguk Manfaat dari Secangkir Kopi


Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang digemari manusia. Cita rasa yang unik dan kandungan kafeinnya yang tinggi bahkan membuat beberapa orang kecanduan. Selain meneguk nikmatnya kopi, ada beragam manfaat yang bisa didapat ketika mengkonsumsi kopi asal tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Menurut para peneliti, untuk mendapatkan manfaat kopi idealnya dalam sehari hanya meminum 1-2 cangkir karena konsumsi yang berlebihan dapat meningkatkan hormon stress. Berikut ini adalah manfaat kopi menurut berbagai sumber yang saya baca.
  • Kopi dapat mencegah timbulnya stroke dan penyakit jantung
    Kandungan pada kopi menghindarkan serangan jantung hingga stroke pada wanita. Menurut peneliti, kemungkinan serangan jantung dan stroke pada wanita berkurang hingga 18% apabila mengkonsumsi kopi dengan takaran yang tepat.
  • Kopi mencegah batu ginjal
    Menurut peneliti Harvard, wanita yang mengkonsumsi kopi secara teratur beresiko batu ginjal 25 persen lebih rendah.
  • Mencegah depresi dan mengatasi perubahan suasana hati
    Kandungan antioksidan pada kopi dapat menangkal kerusakan sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik. Kafein dalam kopi berfungsi sebagai stimulan untuk merangsang indera dan meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi dan mengatasi perubahan suasana hati hingga mengatasi depresi.
  • Mengurangi resiko terkena penyakit kanker dan diabetes
    Senyawa pada kopi dapat mencegah dan menghambat pertummbuhan sel kanker. Selain itu, kopi juga mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. 
  • Mempertajam ingatan
    Konsumsi kopi dapat meningkatkan ingatan jangka panjang dan jangka pendek terutama pada wanita. Penelitian menunjukkan bahwa kadar kafein dalam kopi dapat mempertajam ingatan dan mempercepat reaksi seseorang.
  • Kopi baik untuk kesehatan gigi
    Memang kopi merupakan salah satu penyebab gigi menjadi kuning, namun senyawa yang terkandung pada kopi sangat baik untuk kesehatan gigi. Kopi memiliki sifat anti bakteri sehingga dapat mencegah timbulnya kerusakan pada gigi.
  • Kopi membangkitkan stamina
    Sesuai asal namanya, kopi berasal dari kata qahwah yang artinya kekuatan. Kafeinnya dapat memperlambat gerak sel-sel dalam tubuh sehingga tidak mudah lelah dan mengantuk, dan timbul perasaan segar karena tekanan darah terpacu yang menimbulkan energi ekstra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar