Selasa, 27 Mei 2014

Tips Menghemat Daya Baterai Smartphone



Masalah klasik bagi para pengguna smartphone yaitu baterai yang cepat habis. Seringkali masalah tersebut sangat mengganggu terutama ketika tidak ada sumber listrik untuk mengisi daya baterai. Untuk memperlambat habisnya daya baterai smartphone anda, berikut tips-tips yang bisa anda coba:
  • Lihat aplikasi apa yang menguras daya baterai anda
    Masuk menu Settings>Battery untuk melihat apa yang menghabiskan baterai anda. Fitur dan aplikasi akan ditampilkan dalam list dari yang terbanyak sampai paling sedikit. Apabila ada aplikasi atau fitur yang sekiranya tidak pernah anda gunakan, maka uninstall aplikasinya atau matikan fiturnya.
  • Kurangi frekuensi pengecekan email, Twitter, and facebook
    Atur pengecekan aplikasi pesan anda seperti email, twitter atau facebook ke mode pengecekan manual. Terlalu sering mengelakukan pengecekan juga bisa menjadikan baterai anda boros.
  • Matikan perangkat radio yang tidak terpakai
    Sekarang ini smarthphone memiliki berbagai fasilitas seperti GPS, bluetooth dan Wi-fi. Namun anda tidak akan menggunakannya setiap saat. Mematikan perangkat radio seperti bluetooth, GPS dan Wi-fi akan menjadikan baterai anda bertahan lebih lama. Apabila tidak membutuhkan sinyal internet, sebaiknya matikan juga koneksi data anda.
  • Gunakan mode extra power saving jika smartphone anda memilikinya.
  • Buang widget-widget home screen dan jangan gunakan live wallpaper
    Widget seperti prakiraan cuaca yang ditampilkan di home screen dan live wallpaper menguras daya baterai anda. Apabila ada widget yang menurut anda kurang berguna, lebih baik dibuang dari home screen. Selain itu, gunakan wallpaper biasa karena akan lebih menghemat daya baterai.
  • Turunkan brightness dan matikan Automatic Brightness
    Setting cahaya brightness serendah mungkin akan meningkatkan daya baterai anda karena display merupakan salah satu fitur yang paling banyak menghabiskan daya baterai.
  • Update aplikasi-aplikasi anda
    Seringkali update aplikasi menjadikan aplikasi anda menggunakan daya yang lebih sedikit. Cek aplikasi yang perlu diupdate melalui Google Playstore.
  • Selalu lihat kekuatan sinyal provider anda
    Ketika anda berada di daerah yang sinyalnya lemah, smartphone anda akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal, sehingga daya baterai akan lebih cepat terkuras. Untuk mengatasinya, matikan sinyal internet anda atau gunakan airplane mode apabila anda sama sekali tidak memerlukan komunikasi data maupun panggilan telepon.
  • Beli baterai yang lebih besar kapasitasnya
  • Gunakan aplikasi baterai manager yang terpercaya
    Apabila akan menggunakan baterai manager, lihat reviewnya karena beberapa aplikasi tidak berfungsi sesuai yang dikatakan.

Demikian beberapa tips untuk menghemat baterai smartphone anda. Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar