Jumat, 30 Mei 2014

Cara Menyeduh Kopi


Kopi, minuman yang sedang naik daun di kalangan anak muda. Walaupun Indonesia termasuk negara yang paling banyak menghasilkan kopi, namun konsumsi kopi per kapita masih sangatlah rendah. Tetapi akhir-akhir ini di kota-kota besar dan kota-kota pelajar, minuman kopi semakin populer. Terbukti dengan makin menjamurnya kedai kopi yang selalu penuh oleh pengunjung terutama kalangan muda. Untuk membuat kopi memang tidak sulit, hanya menyeduhnya dengan air panas. Namun mendapatkan minuman kopi dengan cita rasa yang nikmat tidak semua orang bisa melakukannya. Kuncinya bukan hanya pada takaran, ada juga faktor pemakaian air panas. Berikut ini adalah cara menyeduh kopi untuk mendapatkan minuman kopi yang nikmat.
  1. Pertama, setelah air mendidih jangan langsung dituang ke dalam kopi, namun diamkan 2-3 menit untuk menurunkan suhunya. Menuangkan air mendidih langsung ke dalam kopi dapat menghancurkan kopi.
  2. Setelah didiamkan, saring terlebih dahulu air panas tersebut untuk membersihkan kotoran yang ada di dalamnya.
  3. Tuang air panas ke dalam gelas yang berisi gula, sehingga dihasilkan air gula dengan porsi gula sesuai keinginan anda. Air panas yang dimasukkan ke gelas berisi gula akan membuat rasa manis gula tidak setajam ketika berpadu dengan kopi bubuk.
  4. Langkah selanjutnya adalah menuangkan air panas berisi gula ke dalam gelas baru sambil disaring.
  5. Terakhir, tuangkan air gula ke dalam gelas yang sudah diberi bubuk kopi, kemudian saring kembali untuk menghilangkan ampasnya.

Dengan penyaringan beberapa kali menjadikan kafein pada kopi berkurang sehingga anda tidak merasa mual ketika meminumnya. Demikian tips menyeduh kopi untuk menciptakan cita rasa kopi yang sesungguhnya. Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar