Rabu, 10 Juni 2015

Cloud Storage Gratis untuk Menyimpan Data

Menyimpan data mungkin tidak akan menjadi masalah jika data yang kita miliki kecil, sehingga tidak terlalu banyak memakan space pada media penyimpanan kita. Namun, bagaimana jika kita memiliki banyak sekali data yang berkapasitas besar? Pastilah kita memerlukan banyak media penyimpanan untuk menyimpan data tersebut baik flashdisk, harddisk maupun yang lainnya. Tentunya semakin banyak pula uang yang kita habiskan untuk membeli perangkat tersebut. Selain itu, kita direpotkan ketika akan membawa data tersebut kemana-mana. Cloud storage adalah layanan atau tempat untuk menyimpan data yang disediakan oleh perusahaan jaringan dimana data atau file disimpan dalam sebuah media penyimpanan virtual. Layanan ini memungkinkan kita untuk menyimpan data secara virtual, kemudian kita bisa membukanya dimanapun dan kapanpun. Sehingga layanan ini lebih efisien daripada membawa perangkat yang banyak untuk menyimpan data. Selain itu, layanan cloud storage memungkinkan pengguna untuk saling berbagi file atau data dengan mudah dan cepat. Berikut ini beberapa layanan cloud storage gratis yang memiliki keamanan yang baik dan dapat digunakan sebagai media untuk menyimpan atau berbagi informasi dan berbagai fitur lainnya yang ditawarkan.
  1. Google Drive
    google-drive-logo
    Google drive adalah layanan penyimpanan data milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Layanan ini memberikan anda kapasitas 15GB secara gratis dan dapat ditambah dengan pembayaran tertentu. Google drive dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam jenis file baik itu Ms.Doc, Excel, foto-foto maupun video pribadi anda. Selain itu layanan ini dapat digunakan untuk hosting file css dan juga java script.
  2. Ubuntu One
    ubuntu one logo
    Walaupun namanya Ubuntu, namun layanan ini dapat digunakan untuk pengguna Windows maupun Ubuntu. Ubuntu one memberikan kapasitas 5GB secara gratis.
  3. Dropbox
    Dropbox-logo
    Dropbox merupakan salah satu layanan cloud storage yang sangat populer. Dropbox menawarkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 2GB dan dapat ditambah hingga 8GB dengan mengajak orang lain untuk menggunakan layanan ini. Setiap pengguna yang mendaftar melalui link refferal dari anda, maka kapasitas dropbox anda bertambah sebesar 500MB.
  4. Onedrive
    onedrive logo
    Layanan komputasi awan milik microsoft ini sebelumnya bernama SkyDrive. Kapasitas penyimpanan gratis yang diberikan kepada pengguna adalah sebesar 7GB. Prinsip penggunaan layanan ini tidak jauh beda dengan layanan cloud lainnya, yaitu mentimpan maupun berbagi file.
  5. Amazon Cloud Drive
    amazon-cloud-drive-logo
    Selain terkenal sebagai toko online, ternyata amazon juga menawarkan tempat penyimpanan berbasis cloud atau cloud storage. Kapasitas yang diberikan secara gratis oleh pihak amazon adalah sebesar 5GB.
Demikianlah beberapa layanan cloud storage gratis yang bisa anda gunakan untuk menyimpan data. Tentunya masih banyak perusahaan lain yang menawarkan layanan penyimpanan cloud storage secara gratis maupun berbayar. Dengan menyimpannya dalam cloud storage, data yang telah disimpan tidak beresiko terhapus dan juga memudahkan kita untuk berbagi data dimanapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar