Senin, 15 Juni 2015

Daftar Search Engine Terpopuler

Web search engine atau mesin pencari web adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian berkas-berkas yang tersimpan dalam suatu jaringan. Search engine berfungsi untumecari dokumen-dokumen yang tersedia dalam suatu jaringan dengan mengetikkan keyword atau kata kunci. Hasil pencarian dari search engine berurutan berdasarkan tingkat akurasi atau rasio pengunjung berkas tersebut. Informasi yang menjaid target pencarian bisa bermacam-macam, mulai dari halaman website, gambar, file maupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari atau search engine yang populer diantaranya adalah sebagai berikut
  1. Google
    google logo
    Google merupakan mesin pencari paling populer saat ini. Muncul pertama kali pada tahun 1997, Google memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam menyediakan layanan mesin pencari. User interface yang sederhana ternyata sangat disukai oleh pengguna, sehingga Google mampu bersaing dengan para pendahulunya. Hingga akhirnya Google menjadi salah satu mesin pencari paling populer saat ini sampai ada istilah Googling yang mengarah pada kegiatan mencari informasi di internet.
  2. Yahoo! Search
    yahoo
    Yahoo! Search merupakan mesin pencari milik Yahoo.Inc. yang didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada tahun 1994. Pada sekitar tahun 2000 Yahoo merupakan mesin pencari paling populer di dunia. Banyaknya fitur dan fasilitas yang disediakan oleh Yahoo menjadikan pengguna tertarik untuk menggunakannya. Mode pencarian Yaho meliputi Yahoo! Image, Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo!News dan Yahoo! Shopping Search.
  3. Bing
    Bing_logo-old
    Bing atau sebelumnya bernama livesearch, windows livesearch dan MSN search adalah mesin pencari besutan microsoft. Mesin pencari ini merupakan pesaing utama Google selain Yahoo. Bing dibuat dengan teknologi yang disebut Power Set yang memungkinkan pengguna mendapatkan hasil pencarian yang akurat. Pencarian dengan menggunakan Bing dikelompokkan menjadi 4 kategori, yaitu web untuk mencari halaman situs atau website, Images untuk pencarian gambar, News untuk pencarian berita, dan xRank untuk mencari siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
  4. Ask
    Ask-LogoWalaupun kalah pamor dengan Google ataupun Yahoo, mesin pencari Ask patut dipertimbangkan dalam hal kemampuan dan hasil pencariannya. Awalnya nama resminya Ask Jeeves kemudian berganti menjadi Ask pada tahun 2006. Tampilan hasil pencarian Ask hampir sama dengan mesin pencari lain seperti pengkategorian Image, News atau Video. Hasil pencariannya pun cukup baik, meskipun masih kalah dengan mesin pencari yang lebih populer seperti Google dan Yahoo.
  5. Aol
    aol logoAol dulunya merupakan perusahaan Amerika yang bernaman American Online. Inc.yang didirikan pada tahun1983 dan berpusat di New York. Mesin pencari ini memiliki pengguna sekitar 0.22% pengguna mesin pencari di dunia.
  6. DuckduckGo
    DuckDuckGo_Logo
    Mesin pencarian yang ini sangat memperhatikan privasi penggunanya, yaitu mereka tidak melacak apa yang anda cari. DuckDuckGo didirikan oleh Gabriel Weinberg dan awalnya didanai sendiri olehnya sebelum diakuisisi oleh American Online pada tahun 2006 sebesar $10 juta. Bebebrapa kode DuckDuckGo adalah perangkat lunak bebas dan didistribusikan oleh GitHub dibawah lisensi Perl.
  7. Infospace
    infospace logoInfospace merupakan search engine milik Infospace Inc. Hasil pencarian dari infospace adalah web, image, news, video dan lain sebagaianya. Mesin pencari ini dapat menampilkan web yang sudah terindikasi oleh Google, Yahoo, maupun Bing.
Demikianlah beberapa search engine yang populer dan paling banyak digunakan. Tentu saja masih banyak search engine atau mesin pencari selain mesin pencari di atas yang memiliki kualitas yang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar